Apa Itu Backlink Dan Manfaat Dari Backlink

Apa Itu Backlink – Semua webmaster, blogger, SEO Specialist dan lainnya pasti pernah mendengar kata “Backlink“, cuma mungkin ada sebagian yang belum tahu apa itu backlink dan tidak peduli tentang backlink. Sebelum kita berjalan lebih jauh, perlu kita ketahui apa itu backlink. Simak baik baik tulisan berikut.

Backlink adalah “Back” dan “Link“, yaitu Link Masuk, atau inbound link. Yang mana pengertiannya adalah link yang masuk ke sebuah post, halaman, atau website. Dulu sebelum adanya search engine, BackLink sangat penting untuk navigasi sebuah website.
Apa Itu Backlink Dan Manfaat Dari Backlink
Apa Itu Backlink Dan Manfaat Dari Backlink
Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain. Intinya secara sederhana, Backlink itu adalah tautan yang mengarah ke situs anda. Baik aktif maupun tidak aktif.

Jumlah backlink merupakan indikator dari popularitas sebuah situs, Asal backlink tersebut terkait dengan kontent yang berkualitas, Website yang berkualitas, dan bukan berasal dari website spam.

Manfaat dari Backlink
Setelah paham dengan pengertian backlink, maka selanjutnya adalah mengetahui manfaat dari backlink. Backling itu sendiri mempunyai manfaat antara lain :
  1. Meningkatkan kualitas SEO dan SERP.
  2. Meningkatkan jumlah visitor.
  3. Meningkatkan PageRank dari website tersebut.
Nah, jadi backlink itu penting ya, tapi ngga sangat penting. Yang paling penting ya kontent atau article website.

Banyak cara untuk mendapatkan backlink, ada White Hat, dan juga Black Hat. Untuk white Hat biasanya seperti BlogWalking, Tukar Link, Comment, dll. Untuk Black Hat ada Blog Dummy, Pyramid, Link Wheel, dll. Sekali kali boleh lah BlackHat, asalkan natural.

Manfaat dan fungsi dari Backlink.
Kegunaan Backlink#1. Untuk Meningkatan Pagerank (Rangking) Blog
Meningkatkan page rank, Ini merupakan manfaat backlink yang paling di impikan oleh hampir semua pemilik blog (blogger). Karena rank yang bagus merupakan salah satu indikasi tingkat popularitas sebuah web. Semakin banyak backlink yang dimiliki maka situs akan dianggap populer oleh semua mesin pencari terkhusus lagi situs yang khusus pemberi rangking.

Namun perlu kita ingat situs populer belum tentu situs tersebut berkualitas, hal ini dapat kita lihat pada hasil pencarian google. Page rank tidak dijadikan lagi sebagai indikator penentu hasil pecarian, karena itu sebelum memutuskan untuk mencari dan menanam backlink sebaiknya teman-teman lebih mengutamakan kualitas konten. Dengan begitu backlink pasti mudah untuk di dapatkan, terutama backlink dari google.

Kegunaan Backlink#2. Untuk Memperkuat Posisi Blog di SERP
Benarkah backlink bermanfaat untuk memperkuat posisi konten atau blog di SERP ?

Benar sekali dengan memiliki backlink posisi artikel kita pada hasil pencarian akan semakin kokoh. Sulit untuk di geser oleh blog lain. Namun bukan berarti kita harus memiliki banyak backlink untuk menduduki halaman utama. Karena kenyataannya sering kali di temukan artikel yang hanya memiliki satu buah backlink bisa menjadi nomor satu pada hasil pencarian bahkan tidak sama sekali.

Akan tetapi, ketika kata kunci yang diketikkan oleh pencari informasi (pengunjung) posisi blog yang tidak atau hanya memiliki sedikit backlink sering naik turun.

Contoh: ketika pengunjung mengetik cara buat blog baru artikel A tanpa atau hanya memiliki sedikit backlink menduduki peringkat satu, sedangkan artikel dari blog B yang notabenenya memiliki ratusan backlink menduduki posisi 2 atau 3.

Setelah pengunjung melakukan pencarian dengan kata kunci yang berkaitan dengan keyword yang telah diketikkan tadi seperti cara bikin blog terbaru posisi artikel B tetap bahkan bisa naik menjadi peringkat satu sedangkan artikel A akan bergeser menjadi peringkat 7, 8, 9, 10, atau bahkan tidak muncul di halaman utama lagi. Hal ini telah admin alami sendiri, karena itulah dengan kejadian ini bisa dipastikan backlink benar-benar bermanfaat untuk memperkuat posisi blog/artikel di SERP dalam memperebutkan posisi terbaik di hasil pencarian.

Kegunaan Backlink#3. Meningkatkan DA dan PA
Backlink bermanfaat untuk menaikkan nilai PA & DA blog, mengapa? Karena, backlink merupakan salah satu indikator kalau blog tersebut dapat dipercaya. Ini hal wajar sebab tidak mungkin kalau kita merekomendasikan sesuatu terhadap orang lain kalau hal tersebut berkualitas buruk. Demikian pula dengan pola pikir robot mesin pencari saat ini.

Kegunaan Backlink#4. Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog
Untuk mendapatkan manfaat backlink yang keempat ini terlebih dahulu teman-teman harus sudah memiliki dan merasakan manfaat backlink di atas, sebab kita hanya akan mendapatkan peningkatan traffik apabila blog sudah memiliki pagerank tinggi dan menduduki posisi terbaik pada hasil pencarian minimal peringkat 10 (sepuluh). Hal ini mutlak diperlukan sebab sudah kebiasaan umum pencari informasi di internet hanya akan membuka blog yang muncul di halaman utama.

0 Response to "Apa Itu Backlink Dan Manfaat Dari Backlink"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel